Cara Efektif Untuk Bisa Menabung

Cara Efektif Untuk Bisa Menabung

Image Source : www.kospinmms.com

Semua orang pasti pernah mengalami masa-masa di mana suka menabung dan tak suka menabung. Memang sih menabung itu terkadang bisa disebut sebagai kebiasaan yang sulit dilakukan.

Di mana, di satu sisi, menabung memberikan berbagai bentuk bentuk keuntungan yang sangat bermanfaat bagi kita. Namun di sisi lain kamu harus rela melewatkan banyak kegiatan untuk bersenang-senang karena uang yang seharusnya dipakai pada kegiatan itu justru harus disimpan.

Ada beberapa cara efektif untuk membangkitkan semangat menabung, yaitu :

  1. Tentukan Tujuan Dari Menabung

Misalnya, kamu ingin membeli rumah, pergi haji, berqurban, dsb. Wah tujuan yang besar bukan?. Untuk mewujudkannya, kamu harus menentukan target kecil. Misalnya dalam jangka waktu enam bulan kamu harus mengumpulkan 10% dari dana yang dibutuhkan, sehingga dalam setahun sudah bisa terkumpul untuk membayar DP (down payment) atau uang muka. Saat menentukan target yang ingin dicapai, kamu bisa menentukan reward diingin jika berhasil mencapainya. Hadiah tersebut sebenarnya hanya untukĀ membuat diri sendiri termotivasi menabung. Contohnya, jika target kecil kamu dalam beberapa bulan tercapai, maka sebagian uangnya bisa dipakai untuk memanjakan diri dengan makan enak di restoran yang agak mahal atau berbelanja barang kesukaan.

  1. Selalu Mengingat Tagihan

Banyak orang yang tidak melakukan perencanaan keuangan tertulis tiap bulan tapi ternyata bisa mengelola keuangan mereka dengan baik. Kenapa bisa begitu? Karena sejak awal mereka sudah tahu alokasi anggaran utamanya, terutama tagihan!

Coba kamu hitung berapa persen pendapatan kamu untuk membayar tagihan-tagihan bulanan seperti biaya sewa rumah, kost atau apartemen, biaya listrik, pulsa handphone, pajak, cicilan, dan belanja kebutuhan lainnya.

  1. Kurangi Kehidupan Sosial Kamu yang Boros

Menghabiskan uang untuk kesenangan bersama teman-teman memang hal yang sangat menyenangkan. Pergi ke bioskop, makan di restoran mahal, bahkan ke kafe untuk minum kopi tiap akhir pekan, siapa yang tidak ingin melakukannya? Tidak ada kan. Namun, semua kegiatan tersebut sudah pasti memakan anggaran bulanan cukup signifikan. Nah, bila tidak ingin semua uang bulanan habis untuk melakukan itu semua. Mulai sekarang, mulailah mengurangi biaya untuk kehidupaan sosial kamu.

Sebagai contoh, untuk mengganti makan di restoran mahal. Di akhir pekan, kamu bisa menghabiskan waktu dengan teman-teman terdekat dengan berkumpul bersama sambil memasak makan malam. Lebih irit dan kamu tetap bisa mendapatkan saat menyenangkan dengan teman-teman. Selain itu, uang yang biasanya kamu gunakan untuk jajan di tempat mahal bisa disimpan di tabungan kan?

  1. Cari Pekerjaan Tambahan yang Menyenangkan

Hari-hari kamu sudah cukup sibuk di kantor untuk menghasilkan gaji bulanan. Meskipun begitu, siapa bilang kita sudah tidak punya waktu untuk melakukan hal lain untuk menambah pemasukan. Misalnya, kamu punya hobi fotografi, kenapa tak menyalurkan hobi itu untuk menjadi fortografer lepas tiap akhir pekan untuk menambah uang? Atau menjadi penulis lepas untuk artikel-artikel di website. Uang tambahan itu bisa disimpan sehingga jumlah tabungan semakin banyak.

  1. Pertimbangkan Kembali Alokasi Pengeluaran Kamu

Begitu banyak barang yang ingin kita miliki setiap waktunya, namun kalau diperhatikan lagi, apakah semuanya berguna atau tidak? Untuk menjawabnya, identifikasi lagi apa saja yang kamu butuhkan untuk dibeli dan mana saja yang tidak. Misalnya kalau kamu bisa menonton tv secara online di internet, kenapa harus menggunakan langganan TV kabel yang mahal?

Selain itu, kamu juga bisa berhenti jadi anggota klub gym dan ganti dengan kegiatan lari tiap pagi. Dengan mengidentifikasi pengeluaran yang penting dan tak penting, kamu akan melihat ada banyak nominal uang yang sebenarnya bisa disimpan untuk tabungan.

 

Selamat menabung!

Menabung Untuk Masa Depan yang Lebih Cerah

 

Sumber :
www.cermati.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *