Keterangan Surah Al ‘Alaq

Keterangan Surah Al ‘Alaq

Penjalasan

[1589]. Maksudnya: Allah mengajar manusia dengan perantaraan tulis baca.
[1590]. Yang dimaksud dengan orang yang hendak melarang itu ialah Abu Jahal, yang dilarang itu ialah Rasulullah sendiri. Akan tetapi usaha ini tidak berhasil karena Abu Jahal melihat sesuatu yang menakutkannya. Setelah Rasulullah selesai shalat disampaikan orang berita itu kepada Rasulullah. Kemudian Rasulullah mengatakan: “Kalau jadilah Abu Jahal berbuat demikian pasti dia akan dibinasakan oleh Malaikat.”
[1591]. Maksudnya: memasukkannya ke dalam neraka dengan menarik kepalanya.
[1592]. Malaikat Zabaniyah ialah malaikat yang menyiksa orang-orang yang berdosa di dalam neraka.
[A]. Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa Abu Jahal pernah berkata: “Apakah Muhammad meletakkan mukanya ke tanah (sujud) di hadapan kamu?” Ketika itu orang membenarkannya. Selanjutnya Abu Jahal berkata: “Demi Lata dan ‘Uzza, sekiranya aku melihatnya demikian, akan aku injak batang lehernya dan aku benamkan mukanya ke dalam tanah.” Ayat ini (S.96:6-19) turun berkenaan dengan peristiwa tersebut. (Diriwayatkan oleh Ibnu Mundzir yang bersumber dari Abi Hurairah.)
[B]. Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ketika Rasulullah saw. sedang shalat, datanglah Abu Jahal melarang Nabi melakukannya. Ayat ini (S.69:9-16) turun berkenaan dengan peristiwa di atas sebagai ancaman kepada orang yang menghalang-halangi beribadat.
(Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari Ibnu Abbas.)
[C].

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa ketika Nabi saw. sedang shalat, datanglah Abu Jahal berkata: “Bukankah aku telah melarang engkau berbuat begini (shalat)?” Ia pun dibentak oleh Nabi saw. Abu Jahal berkata: “Bukankah engkau tahu bahwa di sini tidak ada yang lebih banyak pengikutnya daripadaku?” Maka Allah menurunkan ayat ini (S.96:17-19) sebagai ancaman kepada orang-orang yang menghalang-halangi melakukan ibadat dan karena merasa banyak pengikutnya. (Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dan yang lainnya yang bersumber dari Ibnu Abbas. Menurut at-Tirmidzi, hadits ini hasan shahih.)

 

Surat Al Alaq menerangkan diciptakannya manusia dari benda yang hina kemudian dimuliakan oleh Allah s.w.t. dengan mengajar membaca, menulis dan memberinya pengetahuan. Tetapi manusia tidak ingat lagi akan asal-usulnya, karena itu banyak manusia yang tidak mensyukuri nikmat Allah itu, bahkan manusia bertindak melampaui batas karena melihat dirinya serba cukup. Silahkan baca dan hafal Surat | Surah Al Alaq Arab, Latin dan Artinya, semoga jadi amal ibadah bagi kita yang membaca dan menghafal surat ini.

 

 

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *