Keterangan Surah Al ‘Ashr

Keterangan Surah Al ‘Ashr

Asbabun nuzul :

Ada kisah dibalik turunnya surat al-Ashr. Pada zaman dahulu masyarakat Arab sering mengadakan perkumpulan pada waktu ashar. Dalam kegiatan itu, biasanya mereka membicarakan urusan keduniawian, seperti bercanda, memamerkan harta, menggunjing dsb. Tak jarang dari kegiatan tersebut berlanjut dengan pertengkaran, perkelahian dan permusuhan. Atas alas an ini orang Arab zaman dahulu menagnggap bahwa waktu ashar adalah waktu yang sial.

Kemudian turunlah surat al-Ashr yang memberikan penjelasan bahwa manusia bahwa setiap sesuatu yang diciptakan Allah pastilah bermanfaat. Dalam Islam tidak dikenal dengan istilah “hari apes”, “waktu sial” dsb. Sebab setiap musibah yang menimpa diri manusia tidak lain adalah merupakan buah perbuatannya sendiri. Melalui surat ini, Allah memberitahukan bahwa tidak akan merugi orang-orang yang beriman, beramal shaleh, menasehati dalam kebenaran dan menasehati dalam kesabaran. Seandainya orang Arab pada masa itu menggunakan waktu ashar sebaik-baiknya, niscaya tidak aka nada pertengkaran, permusuhan, perkelahian dsb.

Hikmah lain yang dapat diambil dari surat ini adalah bahwa waktu ashar merupakan waktu yang hampir gelap. Ashar dianalogikan sebagai waktu ketika manusia berada di usia senja yang alangkah lebih baiknya diisi dengan perbuatan-perbuatan yang baik sebelum datang malam yang gelap (kematian).

 

 

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *