Keterangan Surah Al Fajr

Keterangan Surah Al Fajr

Penjelasan :

[1572]. Malam yang sepuluh itu ialah malam sepuluh terakhir dari bulan Ramadhan. Dan ada pula yang mengatakan sepuluh yang pertama dari bulan Muharram termasuk di dalamnya hari Asyura. Ada pula yang mengatakan bahwa malam sepuluh itu ialah sepuluh malam pertama bulan Zulhijjah.
[1573]. Iram ialah ibukota kaum ‘Aad.
[1574]. Lembah ini terletak di bagian utara jazirah Arab antara kota Madinah dan Syam. Mereka memotong-motong batu gunung untuk membangun gedung-gedung tempat tinggal mereka dan ada pula yang melubangi gunung-gunung untuk tempat tinggal mereka dan tempat berlindung.
[1575]. Maksudnya: ialah Allah menyalahkan orang-orang yang mengatakan bahwa kekayaan itu adalah suatu kemuliaan dan kemiskinan adalah suatu kehinaan seperti yang tersebut pada ayat 15 dan 16. Tetapi sebenarnya kekayaan dan kemiskinan adalah ujian Tuhan bagi hamba-hamba-Nya.
[1576]. Yang dimaksud dengan tidak memuliakan anak yatim ialah tidak memberikan hak-haknya dan tidak berbuat baik kepadanya.
[1577]. Maksudnya: kekerasan azab Allah sesuai dengan keadilan-Nya.

 

Asbabun Nuzul

[*]. Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa firman Allah S.89:27 turun berkenaan dengan Hamzah (yang gugur sebagai syahid).
(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Buraidah.
Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa Nabi saw. bersabda: “Siapa yang akan membeli sumur Rahmat untuk melepaskan dahaga. Mudah-mudahan Allah mengampuni dosanya.” Sumur itu dibeli oleh Utsman. Nabi saw. bersabda: “Apakah engkau rela sumur itu dijadikan sumber air minum bagi semua orang?” Utsman menyetujuinya. Maka Allah menurunkan ayat ini (Q.S.89:27) berkenaan dengan Utsman.
(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari Juwaibir dari ad-Dlahhak yang bersumber dari Ibnu Abbas.)

 

Dalam Surah AL Fajr dikemukakan contoh umat yang ditimpa azab dan beberapa sifat manusia yang tercela, dan Allah s.w.t. juga menegaskan kemuliaan yang diberikan kepada orang yang berjiwa tenang.

 

 

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *