Keterangan Surah Ath Thaariq

Keterangan Surah Ath Thaariq

Penjelasan :

[1570]. Raj’i berarti kembali. Hujan dinamakan raj’i dalam ayat ini, karena hujan itu berasal dari uap yang naik dari bumi ke udara, kemudian turun ke bumi, kemudian kembali ke atas, dan dari atas kembali ke bumi dan begitulah seterusnya.

 

Asbabun Nuzul

[*]. Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ayat ini (Q.S.86:2-5) turun berkenaan dengan Abbil Assad yang berdiri diatas kulit yang sudah disamak sambil berkata dengan sombong: “Hai golongan Quraisy, barangsiapa yang bisa memindahkan aku dari kulit akan aku beri hadiah.” Selanjutnya ia berkata: “Muhammad menganggap bahwa penjaga pintu jahanam itu berjumlah 19. Aku sendiri sanggup mewakili kalian mengalahkan yang 10 dan kalian mengalahkan yang 9 lagi.” Ayat ini (S.86:2-5) turun sebagai sindirin terhadap perbuatan mereka.
(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari ‘Ikrimah.)

 

Dalam Surah Ath Thariq ini diterangkan bahwa setiap diri tidak luput dari pengawasan Allah SWT. Allah SWT yang menciptakan manusia, maka akan Allah SWT juga dapat menghidupkannya kembali, menerangkan tentanng Al Quran, rayuan kepada Nabi Muhammad s.a.w terhadap tipu daya orang-orang kafir.

 

 

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *