Keterangan Surat At Takaatsur

Keterangan Surat At Takaatsur

Penjelasan :

[1598]. Maksudnya: bermegah-megahan dalam soal banyak harta, anak, pengikut, kemuliaan, dan seumpamanya telah melalaikan kamu dari ketaatan.
[1599]. ‘Ainul yaqin artinya melihat dengan mata kepala sendiri sehingga menimbulkan keyakinan yang kuat.

 

Asbabun Nuzul

[*]. Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ayat ini (Q.S.102:1-2) turun berkenaan dengan dua qabilah Anshar. Bani Haritsah dan Bani Harts yang saling menyombongkan diri dengan kekayaan dan keturunannya dengan saling bertanya: “Apakah kalian mempunyai pahlawan yang segagah dan secekatan si Anu?” Mereka menyombongkan diri pula dengan kedudukan dan kekayaan orang-orang yang masih hidup. Mereka mengajak pula pergi ke kubur untuk menyombongkan kepahlawanan dari golongannya yang sudah gugur, dengan menunjukkan keburannya. Ayat ini (Q.S.102:1-2) turun sebagai teguran kepada orang-orang yang hidup bermegah-megah sehingga terlalaikan ibadahnya kepada Allah.
(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Ibnu Buraidah.)

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa Ali pernah berkata: “Pada mulanya kami sangsi akan siksa qubur. Setelah turunnya ayat ini (Q.S.102:1-4) hilanglah kesangsian itu.”
(Diriwayatkan oleh Ibnu jarir yang bersumber dari Ali.)

 

Dalam Surah At Takasur ini Allah s.w.t. mengemukakan ancaman terhadap manusia yang bermegah-megahan terhadap apa yang diperolehnya dan tidak menggunakannya untuk sesuatu yang bermanfaat, maka orang-orang tersebut akan di azab dan ditanya tentang apa yang dimegah-megahkannya tersebut.

 

 

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *