Cara Mengatasi Rasa Malas ala Orang Jepang

Cara Mengatasi Rasa Malas ala Orang Jepang

Image Source : www.niindo.com

Dari waktu ke waktu, manusia selalu berusaha menakhlukkan tantangan dalam hidup untuk mencapai tujuan tertentu. Namun, seringkali kita gagal, putus asa, dan akhirnya memilih menyerah atau menunda menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi tersebut.

Mengapa kita begitu mudah menyerah?

Jawabannya sangat jelas, karena kita seringkali tergesa-gesa dan kurang fokus dalam proses pencapaian tujuan tersebut. Kita ragu untuk menerima sebuah tanggung jawab dan merasa sulit meninggalkan kebiasaan lama. Akibatnya, kita jadi merasa sulit untuk mulai mencoba hal-hal baru. Rasa malas dan mudah bosan pun sulit dihindari. Sudah selayaknya kamu harus berusaha mencari solusi.

Bagaimana cara menghentikan kebiasaan “menunda”?

Tahukah kamu bahwa orang Jepang memiliki sebuah cara yang sangat efektif untuk mengatasi rasa malas dan mampu mendorong mereka untuk mewujudkan cita-citanya? Metode ini hanya membutuhkan waktu 1 menit, dan hasilnya cukup mengesankan. Metode ini bernama “Kaizen” atau biasa juga disebut “asas satu menit”. Kaizen berasal dari Jepang dan merupakan sesuatu yang biasa diterapkan pada berbagai bidang kehidupan di sana. Di Jepang, metode ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan manajemen diri.

Istilah Kaizen memiliki dua akar kata, yaitu “kai” yang berarti “perubahan” dan “zen” yang berarti “bijaksana”. Prinsip ini mengandung inti makna bahwa “manusia tidak seharusnya merubah hidupnya secara spontan, namun dengan perlahan dan bijaksana”. Kebiasaan baru itu harus terjadi sebagai hasil refleksi dan pengalaman hidup pribadi masing-masing individu. Metode ini dicetuskan oleh Masaaki Imai, yang percaya bahwa filosofi ini berguna untuk meningkatkan kemampuan seseorang secara personal, maupun dalam ruang lingkup bisnis dan sosial.

Bagaimana cara kerja metode ini?

Di dalam budaya Jepang, metode kaizen mencakup konsep asas satu menit untuk perbaikan diri. Inti dari metode ini adalah sebuah ide yang mengharuskanmu untuk berlatih melakukan sesuatu dalam kurun waktu satu menit setiap hari, pada waktu yang terjadwal. Hanya satu menit, tidak lebih. Sederhana, bukan? Bahkan orang paling malas pun seharusnya dapat melaksanakan tugas singkat ini. Biasanya, kita mencari alasan untuk tidak melakukan sesuatu saat dihadapkan dengan beban tugas selama 30 menit atau satu jam dalam sehari. Namun, seharusnya kamu bisa melakukan tugas tersebut setidaknya dalam kurun waktu tidak lebih dari 60 detik tanpa ragu.

Mengapa metode ini bermanfaat?

Latihan ini mungkin memang terkesan meragukan dan tidak efektif bagi orang-orang yang dibesarkan dengan kultur budaya yang mengklaim gagasan bahwa “kamu hanya bisa mencapai tujuan dengan melakukan usaha yang sangat besar”, jelas anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Tantangan program perbaikan diri yang memaksamu untuk mengeluarkan energi dalam jumlah besar dalam kurun waktu tertentu hanya akan membuatmu kelelahan (baik secara fisik maupun mental), tanpa meninggalkan hasil nyata.

Dengan metode ini, meskipun hanya sekedar push up atau belajar bahasa asing, rutinitas yang kamu lalui tersebut akan menjadi aktivitas yang penuh suka cita dan kepuasan. Ambil sebuah langkah kecil pada satu waktu, dan kamu akan berada di jalan kesempurnaan diri. Asas satu menit memungkinkanmu untuk melihat kemajuan yang telah kamu capai. Dan ini merupakan bagian terpenting dalam pembentukan sebuah kebiasaan baru. Penting untuk mengatasi kurangnya kepercayaan diri yang mungkin kamu miliki dengan kemampuanmu sendiri, dan juga membebaskan dirimu dari rasa malas.

Kamu butuh pengalaman merasakan kemenangan dan kesuksesan untuk melangkah maju. Saat perasaan itu menginspirasimu, secara bertahap kamu akan meningkatkan jumlah waktu yang kamu habiskan untuk tujuan yang telah kamu tetapkan sendiri. Mungkin awalnya hanya bertambah menjadi 5 menit, kemudian meningkat lagi setengah jam, lalu satu jam, dan seterusnya. Hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah memahami ‘tujuan apa yang ingin kamu raih?’, kemudian mulai melakukannya cukup satu menit setiap hari. Tertarik untuk mencoba metode ini?

Semoga Bermanfaat…

 

Sumber :
www.shopback.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *