Cara Hemat Anak Kosan Yang Bisa Anda Tiru

Cara Hemat Anak Kosan Yang Bisa Anda Tiru

Image Source : www.kost9c.blogspot.co.id

Menjadi anak kost di perantauan memang memiliki tantangan tersendiri apalagi mendekati akhir bulan. Fase dimana isi dompet mulai menipis, padahal keperluan sehari hari pun masih banyak ingin dipenuhi. Saat menjadi anak rantau yang jauh dari orangtua, setiap hari kamu harus memikirkan apa yang harus makan.

Setiap bulannya, kamu harus membayar uang sewa kontrakan, biaya listrik setiap bulan harus lunas, biaya makan tiap hari, keperluan kampus bahkan keperluan sehari hari pun harus terpenuhi. Sebenarnya ada banyak cara hemat anak kosan yang bisa kamu lakukan.

Selain dituntut untuk hidup mandiri, memikirkan kuliah kamu juga harus pintar mengelola keuangan. Apalagi mengingat jauh dari orang tua membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi diakhir bulan, dimana kiriman atau uang belanja bulanan telah digunakan di awal bulan untuk membayar biaya ini dan biaya itu. Beda halnya saat masih bersama keluarga semua kebutuhan sehari-hari mulai dari makan sampai keperluan belajar serba gratis dan tidak membuat kepala pusing.

Tapi, jangan khawatir bagi kamu anak rantau yang ngekos berikut tips cara hemat anak kosan untuk mengelola keuangan agar tidak melarat.

 

  1. Cari tempat tinggal dekat dengak kampus

Carilah kontrakan atau kost dekat dengan kampus agar aktivitas tidak terganggu dengan biaya transportasi tiap hari. Bahkan lebih hemat karena jarak yang dekat sehingga dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Jarak yang dekat juga memudahkanmu untuk kembali ke kost saat perkuliahan jeda.

 

  1. Belajarlah memasak sendiri

Dengan mengelola masakan sendiri di kontrakan akan menghemat pengeluaran anda sebagai anak rantau.  Apalagi kamu menjalin hubungan yang erat dengan teman kontrakan, kamu bisa mengumpulkan iuran untuk keperluan dapur bersama-sama  bahakan msak dan makan bersama.

 

  1. Lakukan aktivitas dengan berjalan kaki

Jangan pernah malu berjalan kaki selain sehat, jalan kaki juga bisa menghemat keuangan . Tak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk berkendara atau jika tempat yang dituju jauh. Pilihlah dengan nebeng sama teman dengan arah yang sama.

 

  1. Jangan berbelanja di minimarket

Berbelanja di minimarket merupakan salah satu faktor pemborosan, selain harga yang tidak bisa ditawar juga dikenakan pajak. Tak hanya itu berbelanja di minimarket juga dapat mempengaruhi barang belanjaan. Tadinya hanya ingin beli satu barang akhirnya beli banyak barang. Alangkah baiknya berbelanja keperluan bulanan di pasar atau warung terdekat. Harganya juga relatif murah dan mudah terjangkau.

 

  1. Bawa bekal

Aktivitas yang padat di luar kontrakan membuatmu akan semakin sering makan di warung. Untuk menghemat pengeluaran, bawalah bekal sebelum meninggalkan kost seperti nasi dan air putih. Jangan pernah malu membawa bekal sendiri selain kebersihannya terjamin juga bisa dimakan dimana saja dan kapan saja. Dengan mengomsumsi makanan instan selain dapat merusak kesehatan juga kebersihannya tidak terjamin.

 

  1. Rajin cari Promo atau diskon

Jangan malas mencari informasi promo atau diskon. Misalnya di brosur, minimarket, kartu member atau bahkan di internet. Semua itu bisa kamu manfaatkan untuk menghemat belanja bulanan anda sehingga pengeluaran lebih diminimalisir dan keperluan lainnya bisa terpenuhi. Misalkan kamu ingin nongkrong bersama teman, tidak perlu lagi pusing memikirkan.

 

 

  1. Buat perencanaan untuk barang belanjaan

Memiliki dunia baru di daerah perkotaan membuat sebagian orang perantau doyan berbelanja. Apalagi melihat kebutuhan di kota lebih banyak daripada di kampung. Tetapi kamy harur lebih pintar memprioritaskan barang belanjaan perbulannya. Belilah barang yang menurutmulebih urgent digunakan  dan jangan mementingkan keinginan. Buat daftar perencanaan barang belanjaanmu. Misalkan bulan ini kamu ingin membeli ini, bulan depan kamu ingin membeli itu, dan bulan depannya lagi ini yang harus saya beli dan seterusnya. Ini akan menghemat pengeluaranmu.

 

Cara hemat anak kosan ini bisa membuatmu lebih cerdas memanfaatkan uang bulanan. Yuk berhemat!

 

Source :
www.shopback.co.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *