Etika Table Manner Yang Bisa Anda Terapkan

Etika Table Manner Yang Bisa Anda Terapkan

Image Source : www.mochaguwahati.blogspot.co.id

Table Manner adalah Jamuan makan yang bersifat resmi yang seringkali menjadi salah satu agenda yang rutin dilakukan oleh perusahaan.

Dalam sekolah kepribadian, table manner menjadi salah satu materi yang dianggap cukup penting karena memiliki banyak manfaat bagi setiap orang. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari table manner adalah mengakrabkan hubungan dengan rekan kerja. Selain itu, table manner juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan tentunya mengajarkan sopan santun.

Table manner juga nggak bisa sembarangan dilakukan. Butuh orang yang sudah berpengalaman terlebih dahulu untuk memandu kamu jika ingin belajar tentang cara-cara table manner dengan tepat. Tapi, sebelumnya, kamu bisa baca dulu beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang table manner di bawah ini, yuk!

 

  1. Kenali 6 Jenis Jamuan Makan Table Manner

Sebelum kamu belajar mengenai table manner, kamu perlu tahu terlebih dahulu 6 jenis jamuan makan yang akan kamu ikuti.

Morning Coffee – 10.00 – 12.00

Brunch – 11.00 – 12.00

Lunch – 12.00 – selesai

High Tea – 16.00 – 18.00

Cocktail Party  – 18.00 – 20.00

Dinner – 20.00 – selesai

 

  1. Mengatur Posisi Duduk dengan Benar

Usahakan saat mengikuti table manner, kamu harus duduk dengan posisi yang benar, yaitu, tegak dan jangan bungkuk atau bersandar malas. Jangan biarkan kedua sikumu mengembang terlalu lebar saat sedang memegang peralatan makan supaya nggak bersentuhan dengan orang di sebelahmu.  Saat berbicara dengan orang lain, usahakan jangan sambil mengunyah makanan dan siku juga nggak boleh diletakkan di atas meja.

 

  1. Penggunaan Peralatan Makan

Mengikuti table manner memang terkadang membuat kepala pusing karena terlihat sangat ribet apalagi melihat banyaknya peralatan makan yang disediakan mulai dari sendok, garpu, sendok kecil, pisau steak, pisau roti, dan masih banyak lagi. Eits, jangan panik! Cara yang paling tepat menggunakan peralatan makan saat mengikuti table manner adalah gunakan terlebih dahulu peralatan makan yang letaknya paling jauh dari piring.

Genggamlah peralatan makan dengan cara dijepit di antara ibu jari dan telunjuk pada ujung tangkainya. Usahakan untuk meminimaliskan suara-suara dari peralatan makan yang saling bersentuhan.

 

  1. Jangan Lupakan Serbet!

Jika table manner atau penjamuan diadakan di sebuah restoran, jangan lupa untuk meletakkan serbet yang sudah disediakan di atas pangkuan. Tapi, jika penjamuan diadakan di rumah, maka persilahkan tuan rumah untuk terlebih dahulu meletakkan serbet di pangkuannya baru diikuti oleh tamu lain.

Ingat, serbet hanya digunakan untuk mengusap bibir dan jari tangan saat terkena noda makanan. Jangan sampai membersihkan peralatan makan dengan serbet, ya! Oh iya, jika ukuran serbet terlalu besar, kamu bisa melipatnya menjadi dua bagian berbentuk persegi atau segitiga. Jangan biarkan serbet menjuntai ke bawah lantai.

 

  1. Simpan Barang Bawaan

Jika saat mengikuti jamuan kamu membawa tas, dompet atau barang bawaan lainnya, silahkan taruh semua bawaanmu di belakang kursi. Jangan sekali-kali menaruh tas kecil, dompet, atau HP sekalipun di atas meja. Usahakan jangan bermain dengan HP saat sedang mengikuti jamuan karena hal itu ngak sopan. Usahakan untuk bersosialisasi dengan rekan yang lain bukan malah sibuk dengan sosial media.

 

  1. Persilahkan Tuan Rumah Untuk Memulai

Sama halnya dengan penggunaan serbet. Jika jamuan diadakan di rumah seseorang, maka persilahkan terlebih dahulu tuan rumah untuk menyantap makanannya, baru diikuti oleh tamu yang lain. Jika tuan rumah belum mulai makan, maka kita sebagai tamu nggak boleh menyentuh atau sekedar mencicipi makanna yang disajikan.

 

  1. Jangan Makan Sup Saat Masih Panas

Ketika mengikuti jamuan dan dihidangkan semangkuk sup, jangan memakannya atau meniup sup saat masih panas. Usahakan kamu menunggu beberapa saat atau dengan cara mengaduk-aduk sup secara perlahan untuk mengurasi panasnya.

 

  1. Makanan Tersangkut di Sela-sela Gigi?

Ini dia nih hal kecil yang terkadang kita nggak sadar melakukannya. Jika setelah makan kamu merasa ada makanan yang tersangkut di sela-sela gigi, jangan berusaha untuk mencungkilnya dengan jari. Kamu bisa izin ke kamar mandi dan membersihkannya.

 

Source :
www.shopback.co.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *