Mengapa Kaki Bayi Suka Menendang Ketika Menyusu?

Mengapa Kaki Bayi Suka Menendang Ketika Menyusu?

Image Source : www.emakkucetar.blogspot.co.id

Pernahkah bunda memperhatikan gaya menyusu si kecil? Jika bayi suka menendang ketika menyusu, ternyata ia berusaha mengatakan sesuatu lho!

Bayi Anda mungkin masih kecil, namun bukan berarti ia tidak bisa mengatakan sesuatu lho. Salah satunya adalah saat bayi suka menendang ketika menyusu. Ada pesan sendiri ketika ia melakukan ini pada Anda.

 

  1. Merasa kurang

Gerakan menendang-nendang ketika bayi sedang menyusu terkadang menyulitkan bunda ketika menyusui. Tendangan bayi membuat posisi berubah dan bunda kerepotan dengan bayi yang tidak mau diam. Jangan frustasi dulu ya, Bun. Sebenarnya, bayi suka menendang ketika menyusu menunjukkan ia merasa kurang dengan jumlah susu yang ia hisap. Hal ini membuat bayi merasa kesal dan mengekspresikannya dengan cara menendang-nendang.

 

  1. Masih ingin menghisap

Jika Anda merasa jumlah ASI cukup dan berlimpah, bisa jadi tendangan tersebut menunjukkan hal lain. Pada beberapa ibu dengan ASI yang melimpah, bayi mengalami kesulitan ketika sedang menghisap.

Pasalnya, aliran air susu yang terlalu cepat dan deras tidak selaras dengan kecepatan hisap bayi. Hal ini membuat bayi Anda merasa frustasi dan menendang-nendang Anda. Biasanya jika ini terjadi, bayi akan menendang sambil menggeram seperti orang yang sedang marah.

 

Kemungkinan lain bisa saja bayi Anda sudah cukup menyusu namun ia masih ingin menghisap payudara hanya untuk mencari kenyamanan. Namun hal tersebut terganggu karena setiap kali menghisap keluar ASI dalam jumlah yang besar. Sehingga ia menjadi menangis dan menendang-nendang.

Untuk mengatasinya, bunda bisa mencoba menyusui bayi dengan satu sisi payudara saja selama 2-3 jam. Baru kemudian mengganti dengan sisi payudara lainnya agar bayi menjadi lebih tenang.

 

Semoga bermanfaat…

 

Sumber :
https://id.theasianparent.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *