Tips Mandi Setelah Berolah Raga

Tips Mandi Setelah Berolah Raga

Image Source : www.brilio.com

Setelah Anda melakukan olahraga atau aktivitas yang memicu munculnya keringat pada tubuh sebaiknya tidak terburu – buru untuk mandi. Mandi setelah olahraga yang dilakukan pada waktu pagi hari, siang bahkan malam hari bisa berbahaya untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa tips aman untuk mandi setelah olahraga.

  • Melakukan peregangan dan pendinginan setelah berolah raga sebelum mandi.
  • Berikan jeda sebelum melakukan mandi hingga keringat mengering.
  • Mandi menggunakan air dingin ketika tubuh dalam kondisi fit.
  • Ketika tubuh dalam kondisi yang tidak fit sebaiknya mandi menggunakan air hangat dan tidak berlama – lama berinteraksi dengan air.

 

Adapun Manfaat Mandi Setelah Olahraga Jika Dilakukan dengan Cara Tepat adalah :

  1. Membersihkan kotoran dan debu yang menempel

Membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada kulit merupakan salah satu tujuan mandi. Beragam kotoran maupun polutan yang menempel pada kulit dapat menyumbat pori – pori dan menyebabkan infeksi. Untuk itu, mandi merupakan langkah cerdas untuk mempertahankan kebersihan kulit tubuh kita.

  1. Mencegah iritasi dan jerawat.

Mandi dapat mencegah timbulnya iritasi kulit dan jerawat pada kulit wajah yang diakibatkan oleh sumbatan kotoran berupa debu dan bakteri. Tumpukan kotoran yang menempel pada kulit wajah dapat menyebabkan datangnya jerawat dimana hal ini tentu sangat mempengaruhi penampilan anda.

  1. Mengembalikan kesegaran tubuh.

Setelah berolah raga tubuh kita akan mengeluarkan keringat yang berbau tidak sedap maka mandi merupakan langkah yang tepat untuk menghilangkan bau tersebut serta mengembalikan kesegaran tubuh. Namun perlu diingat bahwa mandi setelah berolah raga tidak boleh dilakukan tanpa jeda dengan tubuh yang masih basah oleh keringat. Biarkan keringat hilang atau mengering terlebih dahulu sebelum anda membersihkan tubuh dengan mandi.

  1. Mencegah bahaya obesitas.

Hal ini karena mandi yang dilakukan setelah berolah raga disertai jeda yang tepat mampu meningkatkan metabolisme tubuh dari kadar istirahatnya. Peningkatan metabolisme tersebut dapat terjadi apabila anda mandi menggunakan air dingin dimana tubuh akan menjaga suhu tubuh secara otomatis.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Suplai antioksidan yang berasal dari gluathione akan meningkat ketika kita mandi menggunakan air dingin pasca olahraga. Mandi setelah keringat mengering mampu meningkatkan glutathione dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh meningkat. Dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini maka beragam penyakit akan sulit masuk kedalam tubuh.

Dari beberapa poin diatas kita dapat menerapkannya pada kehidupan sehari – hari supaya tidak merasakan dampak atau bahaya mandi setelah berolah raga. Pada dasarnya pori – pori kulit manusia akan terbuka ketika mengeluarkan keringat sehingga tubuh memerlukan jeda istirahat sampai pori – pori tersebut menutup kembali.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *