Cara Mengenalkan Makanan Pendamping ASI Untuk Bayi

Cara Mengenalkan Makanan Pendamping ASI Untuk Bayi

Image Source : www.bolehkah.com

Si kecil suka memilih-milih makanan pendamping ASI? Semakin bertambahnya usia, jumlah makanan yang dimakan si kecil akan semakin bertambah, sehingga sangatlah penting memberinya variasi makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizinya.

 

Jangan Berhenti

Meski si kecil dapat terus mengonsumsi makanan kesukaannya, hal tersebut tidak akan membatasi mulutnya untuk mengenal makanan baru. Cobalah memberikan cemilan beku, misalnya potongan semangka beku. Siapa tahu si kecil suka dengan makanan seperti ini. Terlebih, kita jadi tahu apa saja rasa kesukaannya.

 

Kreasi Makanan

Agar terasa lebih lezat di lidah si kecil, tawari ia kreasi makanan seperti buah-buahan atau sayuran masak yang dicampur dengan puree. Cara ini dapat mengajarkannya mengenali lebih banyak variasi makanan.

 

Makan Bersama

Pangku anak saat kamu sedang makan. Potong makananmu dalam ukuran kecil, tapi jangan coba tawari makanan tersebut padanya. Biarkan ia sendiri yang tertarik memakannya. Dengan begitu, ia belajar makan jenis makanan lain dengan keinginannya sendiri.

 

 Belajar Makan Sendiri

Beri ia semangkok puree dan sendoknya. Biarkan ia makan sendiri dan jangan khawatir ia jadi belepotan. Karena di situlah keasyikan anak menikmati makanannya.

 

Tawarkan Biskuit Genggam

Untuk sarapan, beri ia biskuit genggam seperti Promina Marie Biscuit. Biskuit ini diperkaya dengan zat besi, vitamin A, protein, kalsium, dan minyak ikan. Cemilan seperti ini penting diberikan kepada si kecil untuk mencukupi nutrisi tumbuh kembangnya. Apalagi biskuit ini dapat dimakan langsung sehingga memberi manfaat perkembangan keterampilan makan dan bicara.

 

Semoga Bermanfaat…

 

Sumber :
https://family.fimela.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *