Efek Samping Imunisasi MR Bagi Anak

Efek Samping Imunisasi MR Bagi Anak

Image Source : www.jawapos.com

Imunisasi MR adalah imunisasi yang dilakukan untuk mencegah Virus Measles ( Campak ) dan Rubella ( Campak Jerman ). Sedangkan imunisasi MMR adalah pemberian vaksin yang dilakukan untuk mencegah seorang anak terinfeksi Rubella, Gondong ( Mumps ) dan Measles.

Di sini terdapat perbedaan pada jenis vaksin yang diberikan, dan jika anak sudah diberikan imunisasi MR berarti ia masih bisa mengikuti MMR. Namun ibu biasanya khawatir adanya efek samping imunisasi MR pada anak. Berikut ini beberapa efek samping imunisasi MR yang bisa terjadi pada anak Anda.

 

  1. Muntah

Efek samping negatif dari imunisasi adalah muntah. Dan hal ini kerap kali terjadi pada anak yang tidak sehat saat melakukan imunisasi MR. Oleh sebab itu jika anak dalam kondisi yang tidak sehat, sebaiknya jangan meneruskan tindakan imunisasi agar tidak menyebabkan gejala muntah pada anak. Karena jika anak dalam keadaan tidak sehat melakukan vaksin, maka akan membahayakan anak atau vaksin tidak akan bekerja.

 

  1. Pusing

Salah satu efek samping yang negatif pada imunisasi MR adalah anak merasa pusing. Jika usai imunisasi anak anda pusing, sebaiknya anda konsultasikan pada dokter. Jangan langsung memberikan anak obat, karena setiap rasa sakit pasti terjadi karena sebuah gejala. Dan sebaiknya anda langsung membawa anak untuk pergi ke rumah sakit.

 

  1. Demam

Pada anak yang melakukan imunisasi saat tidak sehat, umumnya mereka akan demam tinggi selama 1 – 2 kali 24 jam. Jika anda tetap demam hingga hari ke 3, maka sebaiknya konsultasikan pada dokter. Karena jika anak tidak segera dibawa ke dokter, hal ini akan membahayakan diri anak. Oleh sebab itu jadilah orang tua yang tanggap terhadap anak-anak anda.

 

  1. Sulit tidur

Setelah imunisasi biasanya anak akan sulit untuk tidur, sebaiknya anda berusaha menangkan anak dengan memijatnya sedikit demi sedikit. Berikan minyak esensial atau bahkan difuser untuk merilekskan anak. Anda juga bisa memberikan anak minyak angin seperti minyak telon dan kayu putih. Cara tersebut bisa anda lakukan ketika anak sulit tidur setiap harinya.

 

  1. Trombosit menurun

Salah satu efek bahaya yang bisa terjadi pada anak setelah imunisasi MR adalah meurunnya trombosit. Hal ini tidak bisa diketahui jika tidak dilakukan cek lab. Oleh sebab itu jika anda merasa anak lemas, sebaiknya segara bawa anak ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penangan tim medis. Karena jika anda mendiamkan anak dirumah, maka hal ini akan membahayakan nyawa si anak.

 

  1. Diare

Diare bisa terjadi pada anak usai imunisasi MR. Jika anak mengalami diare, itu pertanda bahwa anak dalam kondisi yang tidak sehat saat melakukan imunisasi. Jika anak menagalami diare, maka sebaiknya segara konsultasikan pada dokter agar diberikan obat yang tepat. Jika diare pada anak terjadi terus menerus, maka anda bisa membawa anak untuk pergi ke rumah sakit terdekat.

 

  1. Alergi

Gejala atau efek samping dari anak yang tidak sehat saat melakukan imunisasi adalah alergi. Anak bisa mengalami alergi usai melakukan imunisasi, ini pertanda jika ada yang kurang tepat dari efek imunisasi. Jika alergi berkelanjutan lebih dari 3 hari, maka sebaiknya bawalah anak ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan dokter. Dan anda bisa mengikutkan anak imunisasi kembali saat dokter sudah mengizinkannya. Apabila anak anda memiliki sinusitis, maka sebaiknya periksakan anak ke dokter sebelum melakukan vaksin pada anak

 

  1. Ruam

Ruam seringkali terjadi pada anak yang mengalami efek negatif dari imunisasi. Jika anda menemukan anak anda mengalami ruam, sebaiknya anda membawa anak ke dokter. Penanganan dokter akan jauh lebih baik dan aman dibandingkan penanganan yang tergesah-gesah. Anda juga bisa membawa anak ke rumah sakit, agar mendapatkan perawatan atau penanganan medis yang lebih baik.

 

  1. Nyeri pada bagian suntikan

Anak merasa nyeri pada bagian yang disuntik. Biasanya anak akan merasa kram atau panas pada bagian yang disuntik. Anda bisa mengompres bagian tersebut dengan menggunakan air hangat dan kain bersih, namun  pastikan jika air tersebut bersih.

 

  1. Kejang ( jika memiliki riwayat kejang )

Efek samping dari imunisasi MR salah satunya adalah kejang. Efek kejang bisa terjadi jika anak memiliki riwayat kejang sebelumnya. Sebaiknya anda mempersiapkan hal ini jauh hari, dan selau menyediakan obat kejang. Karena kejang pada anak bisa muncul kapan saja tanpa anda duga.

 

Semoga Bermanfaat…

 

Sumber:
www.hamil.co.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *