Akibat Kurang Mengkonsumsi Air Putih

Akibat Kurang Mengkonsumsi Air Putih

Image Source : www.riaucitizen.com

Sama halnya dengan oksigen airpun berperan penting dalam kehidupan sehari- hari kita. 70% dari tubuh kita mengandung zat cair tersebut dan selama sehari kita diharuskan untuk meminum minimal 8 gelas air untuk membuat tubuh yang sehat.

Maka akan sangat berbahaya jika tubuh kita kekurangan air, keadaan seseorang yang kekurangan air biasanya disebut dengan dehidrasi. Kekurangan air akan menyebabkan membuat anda menjadi cepat pusing, kurang bertenaga, dan di beberapa kasus dapat menyebabkan kematian.

Oleh karena itu mengetahui dampak negatif jika kekurangan air merupakan salah satu cara bagi anda untuk terhindar dari hal tersebut. Berikut beberapa akibat kurang mengkonsumsi air putih

 

  1. Membuat Kulit Menjadi Tidak Sehat

Kulit manusia diharuskan untuk selalu mendapatkan kelembaban yang sesuai terutama bagi para kaum hawa, untuk itulah kita mengkonsumsi air putih.

Kondisi resistensi dan enzim yang terdapat pada kulit akan menjadi buruk dan menyebabkan kulit menjadi kering, rambut rontok dan memperlambat pertumbuhan rambut.

 

  1. Memperberat Kinerja Ginjal

Ginjal berperan sebagai penyaring racun dari darah dan akan dikirim kembali keseluruh tubuh dalam bentuk darah yang bersih.

Apabila anda kurang mengkonsumsi air putih maka ginjal akan bekerja lebih keras lagi untuk mengolah sisa-sisa kotoran, sehingga menyebabkan kotoran yang belum diolah menjadi semakin menumpuk dan pada akhirnya takkan diolah secara optimal oleh ginjal.

 

  1. Hipertensi

Hipertensi atau biasanya disebut dengan tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti. Hippertensi yang lebih akut juga sangat berbahaya karena dapat menutup pembuluh darah kapiler dan menyebabkan pergerakan darah keseluruh tubuh menjadi terbatas.

Ketika kekurangan air tubuh anda akan lebih tinggi terkena penyakit tekanan darah tinggi karena aliran darah menuju ginjal terbatasi, dan sebaliknya apabila anda mengkonsumsi air secara teratur maka air yang anda konsumsi akan membantu menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh dan juga dapat membantu jantung agar tidak memompa darah secara berlebih.

 

  1. Dehidrasi

Kita telah mengetahui bahayanya dehidrasi, dehidrasi merupakan salah satu gejala negatif kekurangan air dalam tubuh. Dampak dari dehidrasi sendiri yaitu akan mengakibatkan kulit kering, lemas, menyebabkan penuaan dini dan sebagainya.

Dehidrasi juga rentan menyerang kaum manula, dan hal ini sangat berbahaya. Sehingga untuk mengurangi gajaa negatif dari dehidrasi dianjurkan untuk minum air putih secara teratur.

 

  1. Gangguan Persendian

Tidak hanya darah saja yang mengandung dengan air, tulang dan persendian kita juga sebagian besar mengandung dengan air.

Air yang berada dipersendian berfungsi sebagai pelumas tulang dalam mengalami pergesekan ketika digerakkan, jika persendian kurang menerima air maka hal ini sama dengan rantai motor yang kekurangan oli.

Hal ini akan menyebabkan keropos/tergeseknya tulang dan membuat tulang kehilangan fungsi utamanya.

Penyakit sendi yang sering terjadi dalam hal ini adalah Arthiritis, untuk menghindarinya ialah dengan mengkonsumsi air putih secara teratur agar persendian mendapat pelumasan secara optimal.

Jadi mulai sekarang cukupkan konsumsi air putih anda agar kesehatan anda tetap terjaga.

 

Semoga Bermanfaat…

 

Sumber :
www.kiat-sehat.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *