Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Tua

Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Tua

Image Source : www.izzatijannah.wordpress

Kesulitan tidur kerap dialami oleh wanita yang sedang hamil yang telah memasuki 8 bulan atau lebih karena posisi janin yang telah membesar. Ibu hamil cenderung akan mengalami kram dan buang air kecil tetapi ada pula yang mengalami kesulitan tidur dikarenakan insomnia yang telah dideritanya.

Karena itu Anda perlu menyimak beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk menanggulangi kesulitan dalam hal tidur khususnya untuk ibu hamil sebagai berikut :

 

  1. Posisikan Tidur Anda

Salah satu langkah sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah tidur adalah memposisikan tidur yang nyaman diantaranya adalah dengan menyamping kekiri. Posisi tidur seperti ini juga akan membuat aliran darah ke plasenta dan janin menjadi lebih lancar. Janin juga tidak akan mendapatkan tekanan organ yang lain dengan membiasakan tidur seperti ini

 

  1. Rileksasikan Diri Anda Dengan Posisi Tidur Yang Nyaman.

Selain memposisikan tubuh anda ada baiknya juga menambahkan beberapa aksesoris tidur agar tidur semakin rileks. Salah satu aksesoris perlengkapan tidur yang bisa anda gunakan adalah bantal yang dapat digunakan untuk mengganjal kaki ibu yang sedang mengandung dari tumit hingga ujung kaki atau dari lutut hingga pangkal paha si ibu.

 

  1. Lakukanlah Latihan Kegel Secara Rutin

Mungkin beberapa dari anda tidak mengetahui latihan kegel itu seperti apa namun latihan ini memang banyak dikenal sebagai cara untuk mengurangi frekuensi ibu hamil untuk buang air kecil terlebih bila janin telah aktif dan membesar hingga menekan kandung kemih.

 

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah perbanyak minum air putih sehingga ibu yang sedang mengandung terhindar dari dehidrasi. Bila ibu hamil mengalami dehidrasi maka pada malam hari wanita yang sedang mengandung akan kerap ke kamar kecil.

 

  1. Hindari Kram Kaki

Bagi ibu yang sedang hamil maka si ibu akan kerap terkena kram sehingga berikan pijatan yang nyaman agar terhindar atau meredakan kram kaki yang sedang dialami. Anda juga dapat merendam kaki anda di dalam air hangat agar kram dapat menurunkan terjadinya kram pada kaki anda.

 

  1. Antisipasi Mimpi Buruk

Stress yang juga menimbulkan gejolak emosi tentunya dapat mengganggu wanita yang sedang hamil hingga kedalam mimpi oleh karenanya ada baiknya anda tidak banyak pikiran dan lebih rileks. Control emosi dan buat suasana hati selalu riang sehingga mimpi buruk terhindari.

 

 

Selain tidur yang cukup wanita yang sedang mengandung juga perlu makanan yang bergizi dan kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan agar buah hati yang sedang dikandung dilahirkan dalam kondisi yang sehat pula. Jangan lupa untuk berolahraga khususnya senam ibu hamil agar proses kelahiran dapat dilakukan secara lancar.

 

Semoga Bermanfaat…

 

Sumber :
www.kiat-sehat.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *