Efek Kurang Tidur Dalam Jangka Panjang

Efek Kurang Tidur Dalam Jangka Panjang

Image Surce : www.soulofjakarta.com

Anda bisa katakan bahwa tidur adalah proses yang sangat penting bagi kesehatan dan pikiran anda.  Sayangnya beberapa orang tidak bisa memenuhi waktu tidurnya dikarenakan beberapa alasan seperti masalah pekerjaan dan penyakit insomnia

Bila anda tidak dapat tidur dalam jangka panjang dapat mempengaruhi pekerjaan anda dan kesehatan anda sebab lemas dan kurang bersemangat tentu menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Kurangnya tidur ini bisa membuat seseorang menjadi kurang konsentrasi, lemas dan kurang nafsu makan. Bila ini diteruskan hingga dalam jangka waktu yang panjang maka resiko kematian juga dapat mendatangi anda. Berikut beberapa dampak yang akan anda alami bilamana kurang tidur dalam jangka panjang :

  • System saraf anda terganggu sehingga anda kurang tanggap dalam merespon suatu perintah serta kekurangan protein yang juga dibutuhkan oleh tubuh anda sendiri. Saat anda tidur ada organ tubuh kita yang membuat protein untuk digunakan dalam perbaikan sel yang telah rusak.
  • Kurang tidur juga dapat membuat seseorang mudah merasa lesu ditambah otak juga kehabisan energi sehingga dapat memicu pikiran negative seperti putus asa dan lain sebagainya. Hal ini mengganggu seseorang untuk lebih fokus dan berkonsentrasi yang menuju pada gangguan system kognitif seseorang.
  • Anda yang merasa mengantuk akan mudah berhalusinasi serta sangat berbahaya bila sedang mengendarai kendaraan di jalan raya yang dapat menimbulkan kecelakaan. Hal ini tentu saja juga merugikan orang-orang yang tidak sepatutnya dirugikan karena kantuknya seseorang
  • Imunitas anda juga akan mengalami penurunan yang akan membuat anda rentan terkena bibit penyakit yang mungkin dapat merusak organ dalam tubuh anda dan membuat anda harus menanggung biaya yang besar untuk pemulihat penyakit tersebut.
  • Penyakit pertama yang mungkin menyerang akibat kurang tidur adalah penyakit pernafasan seperti batuk dan influenza atau bisa lebih kronis lagi berupa paru-paru dan jantung
  • Bila seseorang kurang tidur maka akan memiliki kebiasaan untuk sering makan dan mulailah timbul kenaikan berat badan yang tidak diduga.
  • Berat badan yang tiba-tiba naik ini akan menjurus pada penyakit diabetes yang sangat berbahaya bagi kesehatan anda karena penyakit ini masih belum ada obatnya. Setiap hari seseorang yang menderita diabetes harus memasukan insulin pada tubuhnya dan mengatur pola makan serta kerap melakukan diet.
  • Kurang tidur juga pernah dibuktikan melalui penelitian dapat membuat masalah pada system kardiovaskular yang membuat pembuluh darah tidak bekerja optimal dan pemicu penyakit stroke.
  • Melihat akibat yang ditimbulkan diatas tentunya kurang tidur bisa menjadi masalah pelik yang mampu menggerogoti hidup anda sehingga apabila anda termasuk mengalami kurang tidur ada baiknya sekarang anda luangkan waktu untuk tidur.

 

Bilamana anda mengalami kesulitan untuk tidur atau didera insomnia maka aturlah posisi tidur anda dan jauhkan dari pikiran negative dan stress yang dapat memicu insomnia. Minumlah segelas susu hangat sebelum tidur agar perasaan hati anda menjadi lebih tenang dan atur pola makan anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

 

Semoga Bermanfaat…

 

Sumber :
www.kiat-sehat.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *