Manfaat Berenang Untuk Kesehatan

Manfaat Berenang Untuk Kesehatan 

Image Source : www.lesrenangbandung.com

Berenang merupakan kegiatan fisik atau olahraga yang menyenangkan dan banyak dilakukan orang untuk sekedar bermain atau melakukan hobi. Meski terlihat menyenangkan, namun kita harus tahu apa saja teknik-teknik berenang agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari kegiatan tersebut.

Dalam berenang, otomatis otot-otot tubuh kita akan terlatih dengan sempurna terutama otot tangan, kaki dan perut. Selain itu, pernapasan pun akan ikut terlatih sehingga membuat tubuh kita lebih bugar dan sehat.

Beberapa manfaat berenang untuk kesehatan tubuh yaitu :

 

  1. 1. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Berenang merupakan koordinasi yang seimbang antara tangan, kaki, kepala dan anggota tubuh lainnya. Tak heran jika orang yang rajin berenang akan memiliki kelenturan tubuh yang lebih baik dibanding dengan orang yang tidak pernah berenang. Kelenturan tubuh juga akan mengurangi resiko seseorang terkena cedera karena berbagai sebab seperti keseleo, terkilir, kram, dsb

 

  1. Menyehatkan Jantung

Berenang adalah salah satu kegiatan yang menyehatkan jantung. Hal ini disebabkan berenang merupakan aktivitas yang melatih pernafasan serta meningkatkan kelancaran aliran darah. Dengan berenang secara rutin, jantung Anda akan lebih sehat dan terjaga ketahanannya.

 

  1. Melatih Pernapasan

Salah satu manfaat berenang untuk kesehatan tubuh adalah melatih dan memperkuat pernapasan. Saat berenang dan menyelam, tentu pernapasan akan dilatih kekuatannya sehingga pernapasan kita pun menjadi lebih panjang. Gerakan-gerakan dalam berenang juga akan melatih paru-paru untuk menjadi lebih lancar.

 

  1. Meningkatkan Kekuatan Otot Dan Tulang

Sebagai aktivitas fisik yang membutuhkan koordinasi dari seluruh anggota tubuh, berenang terbukti dapat meningkatkan kekuatan otot dan tulang. Anda dapat melihat para atlet berenang yang memiliki otot dan tulang lebih kuat daripada mereka yang tidak pernah berlatih berenang.

 

  1. Meninggikan Badan

Salah satu cara umum untuk meninggikan badan adalah berenang. Sebab itu, penting pada usia remaja atau dalam masa pertumbuhan, anak-anak diajarkan aktivitas berenang. Selain agar mereka tidak takut beraktivitas dalam air, ternyata berenang menempati urutan teratas dalam upaya memberikan tinggi badan yang optimal.

 

  1. Meredakan Stres

Berenang diyakini sebagai aktivitas yang dapat meredakan stres. Ini disebabkan aktivitas fisik dalam berenang yang memicu hormon endorfin dalam otak sehingga menyebabkan suasana hati lebih sejuk dan nyaman. Secara tidak langsung, pikiran pun menjadi lebih tenang dan terkendali.

 

  1. 7. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan adalah salah satu manfaat berenang untuk kesehatan tubuh. Dengan berbagai aktivitas yang memerlukan koordinasi hampir seluruh bagian tubuh, berenang terbukti mampu menurunkan berat badan seseorang dengan mudah dan hasilnya pun efektif.

 

  1. Mencegah Diabetes

Berenang juga terbukti dapat mencegah seseorang terkena diabetes. Ini disebabkan aktivitas berenang yang efektif menurunkan kalori dan lemak serta gula darah dalam tubuh seseorang.

 

  1. Meningkatkan Mood

Sebagai aktivitas yang termasuk dalam rekreasi, karena merupakan perpaduan antara bermain dan olahraga, berenang terbukti mampu meningkatkan mood dan meningkatkan efek bahagia. Tak heran jika di tempat-tempat rekreasi selalu tersedia kolam renang untuk aktivitas keluarga yang menyenangkan.

 

  1. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Karena berenang adalah olahraga sekaligus rekreasi, maka berenang terbukti mampu meningkatkan kebugaran tubuh yang membuat rileks bukan hanya tubuh namun juga pikiran. Berenang juga disebut sebagai aerobik air yang jika dilakukan selama 20 menit dengan teknik dan kecepatan yang konstan terbukti mampu meningkatkan kebugaran tubuh, membakar lemak dan merangsang metabolisme.

 

Tips sebelum berenang

Ada baiknya Anda melakukan pemanasan berupa pergerakan anggota tubuh seperti kaki, tangan dan kepala minimal 15 menit. Ini dimaksudkan agar Anda tidak mengalami cedera anggota tubuh seperti kram kaki atau tangan yang dapat membahayakan Anda selama berada di dalam air.

 

Semoga Bermanfaat…

 

Sumber :
www.kiat-sehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *