Pola Hidup Sehat Dan Seimbang

Pola Hidup Sehat Dan Seimbang

Image Source : www.maduantariksa.net

Mengenali apa kebutuhan tubuh dan bagaimana mendapatkan makanan yang seimbang akan membantu mengendalikan berat badan Anda secara jangka panjang. Mungkin pernyataan ini terdengar mudah, namun faktanya tidaklah demikian. Karena ternyata masih banyak orang yang gagal mengatur pola makannya secara sehat dan seimbang.

Jika Anda adalah seseorang yang aktif, dan cenderung mengonsumsi makanan di luar rumah yang cepat saji, atau seringkali lupa makan karena kesibukan, berikut ini penjelasan mengenai pola makan yang sehat dan seimbang bagi tubuh yang mungkin bermanfaat bagi Anda.

 

Makanan Seimbang

Pola makan yang sehat dan seimbang bagi tubuh menurut para ahli adalah makanan yang terdiri dari lima kelompok makanan berbeda dalam jumlah yang tepat, yaitu :

1. Makanan Pokok

Nasi, roti dan ubi-ubian. Ini adalah makanan sumber karbohidrat yang menyediakan kalori bagi tubuh.

2. Lauk Pauk

Daging, ikan, tahu, tempe dan telur. Ini adalah makanan sumber protein yang menjaga tubuh kita tetap sehat dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

3. Sayuran

Sayur-sayuran yang baik bagi tubuh adalah sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, dan sawi, sayur-sayuran hijau banyak mengandung zat hijau daun atau klorofil yang berfungsi sebagai antidioksidan dan mempengaruhi sistem imun. Sayur- sayuran hijau banyak mengandung Sulfarophane, isothiocynate. Fungsi kedua zat ini adalah meransang komponen pemecah unsur kimia penyebab kanker.

4. Buah-buahan

Buah Ini adalah sumber serat, vitamin dan mineral yang turut membantu melancarkan sistem pencernaan.

5. Susu

 

Produk dari susu mengandung kalsium tinggi yang penting bagi kesehatan gigi dan tulang.

6. Air Putih

Usahakan selalu minum air putih yang cukup, setidaknya 8 gelas sehari untuk menghindari dehidrasi serta meringankan kerja ginjal membuang racun dalam darah

Baca Juga : Akibat Kurang Mengkonsumsi Air Putih

Pola Makan

Memperhatikan pola makan adalah salah satu cara mengendalikan berat badan sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara jangka panjang. Bagaimana cara mendapatkan pola makan yang sehat dan seimbang bagi tubuh? Yuk, kita simak beberapa tips berikut ini :

  1. Makan 3x Sehari

Usahakan agar selalu makan 3x sehari, yaitu makan pagi, siang dan malam dengan porsi yang tidak berlebihan. Jika diantara waktu-waktu itu Anda masih merasa lapar, selingi dengan cemilan berupa buah-buahan segar.

 

  1. Hindari Makanan Cepat Saji Atau Makanan Instant

Sebisa mungkin hindari makanan cepat saji atau makanan instant. Makanan cepat saji cenderung tinggi kalori yang dapat mengakibatkan bertumpuknya lemak dan mempercepat kenaikan berat badan. Selain itu, makanan cepat saji atau instant juga mengandung banyak pengawet dan penyedap rasa, yang memiliki efek tidak baik bagi kesehatan.

 

  1. Cemilan Sehat

Jika selama ini Anda sering tanpa sadar menyantap cemilan yang tinggi kalori dan lemak, gantilah dengan cemilan sehat. Cemilan sehat yang dimaksud adalah buah segar atau jus buah. Mulailah gemar makan buah-buahan sejak dini. Buah-buahan memiliki kandungan serat tinggi dan rendah kalori, ini sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

  1. Hindari Minuman Softdrink

Usahakan untuk menghindari minuman softdrink dan mengganti dengan minuman yang lebih sehat seperti air putih atau jus buah-buahan. Softdrink hanya memberikan Anda asupan karbohidrat, sedangkan jus buah-buahan memberikan banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

 

Olahraga

Setelah Anda mengetahui apa jenis makanan seimbang dan bagaimana mengatur pola makan yang sehat, berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah berolahraga. Olahraga diperlukan untuk membakar lemak yang menumpuk dan melenturkan otot-otot pada tubuh kita.

Dengan berolahraga secara teratur banyak manfaat yang Anda peroleh, bukan hanya menjaga berat badan tetapi lebih daripada itu adalah menjaga kesehatan tubuh Anda secara jangka panjang. Berolahraga adalah investasi kesehatan masa depan.

 

Semoga bermanfaat…

 

Sumber :
www.kiat-sehat.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *