Perbedaan Class pada Memory Card Micro SD

Perbedaan Class pada Memory Card Micro SD

Selain kapasitas, kecepatan juga harus diperhatikan. Class pada Micro SD menandakan Kecepatan Minimum yang diperoleh pada Proses R/W (baca : Read and Write alias Kecepatan Baca – Tulis) karena ini berkaitan dengan kelancaran dalam memotret gambar  dan perekaman video resolusi tinggi. Jika memori card proses tulisnya lambat, video yang direkam akan bermasalah, bisa putus-putus/berhenti saat merekam atau muncul lag dan bahkan rusak/corrupt.

Perhatikan Gambar diatas. Secara Fisik kita bisa langsung melihat kecepatan dari Memory Card ini. Lebih detail pada kemasannya. Pada gambar terlihat Speed Up To 85MB/s. Ini bukan berarti kecapatannya konstan di 85MB/s ketika kita menyalin file ke memory. Ini merukapan kecepatan tertinggi yang sudah diuji oleh perusahaan memory tersebut.  Pada gambar juga tertulis Class 10 dan disebelahnya U1. Artinya Micro SD tersebut adalah Tipe Class 10 dan U1 menunjukan kelas UHS-1 (baca sampai habis untuk detailnya)

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan R/W memory card, seperti :

Type USB Port Komputer/Laptop

Jika USB di Komputer/Laptop masih Type USB 2.0 maka bisa dipastikan Memory Card tercepat sekalipun akan konstan kecepatan Tulisnya sekitar ± 30 MB/s. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pasangkan USB Port 3.0 pada komputer anda. Untuk laptop, tidak ada pilihan, jual laptop anda dan beli lagi yang sudah mendukung USB 3.0. haha…

Tipe Card Reader

Untuk menyalin file dari Memory Card ke Komputer diperlukan Card Reader. Nah, Card Reader juga harus yang sudah USB 3.0 untuk mendapatkan kecepatan maksimal. Jika Card Reader anda masih type USB 2.0, maka meskipun USB komputer/laptop anda sudah USB 3.0 tetap saja hasil Tulisnya akan sama sekitar ± 30 MB/s.

Hardware Perangkat anda

Contoh saja, jika hardware handphone anda masih minim, kemungkinan anda kurang merasakan kecepatan Memory Card meski anda telah membeli yang tercepat. Tetapi saya kira di tahun 2017 ini semua handphone baru walaupun berharga di bawah 1 juta sudah cukup mumpuni hardwarenya, jadi lebih baik anda membeli sekalian yang berkecepatan tinggi, selisih harganya juga tidak terlalu jauh sedangkan manfaatnya lebih terasa.

SPEED CLASS, ULTRA HIGH SPEED CLASS (UHS) dan VIDEO CLASS

Kenapa ribet sekali ada Speed Class dan Ada UHS Class. Apa bedanya UHS dengan Speed Class?

Pembuatan memori dengan UHS lebih advance. Kecepatannya akan berada di atas Speed Class. Jika anda memiliki device, semisal kamera DSLR yang sudah mendukung UHS, maka penggunaan Memory Card tipe UHS akan sangat maksimal kecepatan pemotretan dan perekaman videonya. Namun jika belum mendukung UHS maka kecepatan Memory Card UHS akan berada di Speed Class.

Contoh sederhananya jika ada pembalap motor kelas 1 dunia yang menggunakan motor 100cc, tentu kecepatan yang bisa dia peroleh secepat motor tersebut.

Setiap video yang kita rekam/tonton pada dasarnya adalah ‘arus data’ (kita sering menyebutnya dengan istilah streaming) yang terus-menerus dialirkan selama video itu direkam atau diputar. Artinya setiap video punya kecepatan arus data (disebut bit rate). Yang biasa diukur dalam KB atau MB (Megabyte).

Contoh sederhana saja. Jika kita nonton Youtube dan selalu buffering itu menandakan kecepatan internet kita lebih lambat dari kecepatan data videonya. Karena itu, untuk merekam video ke dalam memori card,  kecepatan memori card harus lebih cepat dari kecepatan data video, karena kecepatan memory card tidak selalu konstan.

Nah, karena kecepatan Memory Card tidak selalu konstan, maka para produsen membagi-bagi jenis kecepatan memory card dengan istilah Speed Class dan UHS untuk memudahkan konsumen saat membeli memory card ini. Memory Card yang sudah bersertifikasi UHS-1 akan memiliki kecepatan tulis paling rendah 10 MB/s. Lengkapnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini

Tabel Source : www.photoreview.com.au

Sedangkan kecepatan maksimalnya silahkan lihat pada kemasan memory card yang anda beli (lihat gambar pertama)

Saat ini para perusaan memory card telah membuat jenis speed baru, khususnya pada jenis Memor Card Micro SD yang disebut Video Class. Tujuannya adalah untuk perekaman video resolusi  super tinggi seperti UHD (4K) dan SUHD (8K). Bisa dilihat pada tabel di bawah.

Tabel Source : www.sdcard.org

Inilah jenis speed class Memory SD Card dan Micro SD Card jika kita kelompokkan dengan lengkap

Tabel Source : www.sdcard.org

Sekian
Semoga Bermanfaat

Sumber :
www.sdcard.org
www.rumaheditor.com
www.photoreview.com.au

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *