Perbedaan Micro SD, Micro SDHC dan Micro SDXC

Bingung ketika ingin beli Memory Card untuk Handphone anda? Jika dana anda terbatas, belilah memori card sesuai kebutuhan penggunaanya.  Lihat juga kemampuan Handphone anda mendukung hingga kapasitas berapa, bisa dilihat pada buku manual handphone tersebut. Jangan membeli diatas kapasitas yang disarankan.

Jika tujuan anda membeli memori card untuk menambah kapasitas yang digunakan untuk menyimpan data-data seperti dokumen, foto, game dan video. Maka anda tidak harus membeli memori card berkecepatan tinggi. Namun jika penggunaan anda untuk fotografi dan perekaman video maka wajib menggunakan memory card berkecepatan tinggi. Anda Bisa membeli Micro SD disini

Jika dilihat dari arsitektur teknologinya, saat ini Memory Card Micro SD sudah berada di generasi ke-3, adapun urutannya yaitu :

Generasi Pertama = Micro SD
Ini adalah Micro SD yang pertama kali diperkenalkan oleh Sandisk pada Bulan Maret tahun 2003 setelah sebelumnya mengembangkan SD Card bersama dengan Perusahaan Matsushita, dan Toshiba pada tahun 1999. Saat itu kapasitanya baru mencapai 32MB dan berakhir pada kapasitas paling besarnya 2GB. Sebenarnya ada yang hingga kapasitas 4GB tetapi tidak banyak diproduksi.

Generasi Kedua = Micro SDHC (High Capacity)
Setelah sukses dengan Micro SD, para ilmuan kemudian merevisi arsitektur Micro SD ini dan namanya kemudian ditambahkan HC (High Capacity). Tersedia kapasitas 4GB hingga 32GB

Generasi Ketiga = Micro SDXC (eXtended Capacity)
Ini adalah revisi terbaru Memory Card Micro SD. Secara arsitektur Micro SDXC bisa dibuat hingga Kapasitas 2TB (2.000 GB), Woww!!! Amazing….

Semoga Bermanfaat…

Baca juga : Perbedaan Class pada Memory Card Micro SD

Sumber : 
https://id.wikipedia.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *