Cara Mengembangkan Sikap Positif pada Anak

Cara Mengembangkan Sikap Positif pada Anak

Image Source : www.infoserbaserbi.com

Sebagai orangtua, kita perlu mendidik anak secara baik agar tumbuh menjadi aktif, cerdas dan memiliki masa depan cemerlang. Karena itu, Anda perlu simak pemaparan berikut ini guna membantu anak agar lebih aktif, penuh perhatian, bertanggung jawab, dan lebih terorganisir. Berikut Cara Mengembangkan Sikap Positif pada Anak

1. Ajarkan Bertanggung Jawab

Jika anak anda selesai bermain dan mainannya masih berantakan, maka ajarkanlah untuk merapihkannya. Ingat, ajarkan, bukan menyuruh. Ajarkan berarti orang tua yang membereskan dan dibantu oleh anak anda. Jika sudah terbiasa kita bantu membereskan, sesekali biarkan dia membereskan mainannya sendiri. Hal ini dapat meningkatkan rasa tanggung jawab pada diri anak. Ini penting, karena hal kecil ini mencerminkan apakah anak anda bisa bertanggung jawab terhadap apa yang telah dilakukannya atau tidak dimasa dewasa.

2. Ajak anak fokus pada satu hal

Ketika anak sedang melakukan aktifitas, seperti menggambar atau mewarnai, maka hilangkan hal yang membuat pemikirannya terpecah. Contoh dalam hal ini matikanlah TV supaya anak kita bisa lebih fokus dengan apa yang ia kerjakan

3. Disiplin pada kebersihan

Anda perlu mengajak anak menyikat gigi dua kali dalam satu hari. Anda harus melakukan hal ini secara rutin agar kelak anak terbiasa.

4. Bermain bersama anak

Anda bisa mengisi hari libur dengan bermain bersama anak. Selain bermain, Anda juga bisa mengajak anak untuk olahraga bersama.

5. Hindari keluhan dan amarah

Sebagai orangtua, Anda perlu bersikap lebih tegas kepada anak, namun juga tetap bijak. Selain itu, jadilah orangtua yang menyenangkan agar anak mau mendengarkan nasihat Anda. Jika anda bersikap keras terhadap anak maka dapat dipastikan sering bertumbuhnya anak menjadi remaja, anak akan sangat sulit untuk dinasehati.

6. Hargai anak itu sebagai seorang pribadi.

Cara ini dapat memperkuat tingkah lakunya yang baik. Anak-anak memerlukan lebih banyak dorongan untuk melakukan perbuatan positif, bukan kritikan terhadap perbuatan yang negatif. Anak-anak perlu ditolong supaya tahu apa yang benar, jika melakukan kesalahan (kenakalan anak) kita tunjukkan bagaimana seharusnya yang benar untuk dilakukan. Pujian dan dukungan semangat sangat efektif dalam mendorong anak- anak untuk melakukan apa yang benar.

Semoga Bermanfaat…

 

Sumber :
www.belajarpsikologi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *